CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Senin, 04 Februari 2008

Festival Bunaken 2007 Menjadi Ajang Persiapan Manado Menyambut World Ocean Conference 2009

19-09-2007

Berbeda pada tahun sebelumnya, penyelenggaraan Festival Bunaken 2007 yang berlangsung 15-24 September di Manado, Sulawesi Utara, terlihat lebih meningkat kualitasnya baik dari aspek manajemen penyelenggaraan maupun kualitas materi yang disajikan.
Manado, yang ditetapkan sebagai tuan rumah "World Ocean Conference -World Ocean Summit" tahun 2009, menjadikan Festival Bunaken 2007 sebagai ajang persiapan dalam menyambut konferensi akbar tingkat dunia tersebut.

Festival Bunaken yang digelar setiap tahun dalam rangka menyambut hari ulang tahun Provinsi Sulawesi Utara, tahun 2007 merupakan HUT ke-43, menyajikan berbagai pertunjukan seni budaya daerah serta aktraksi wisata di antaranya sea carnaval di Pulau Bunaken. Festival yang masuk dalam calendar of event dan peta event pariwisata internasional ini banyak diminati masyarakat termasuk wisatawan domestik dan mancanegara.

Pada Festival Bunaken 2007 kali ini juga digelar Parade Pakaian Tradisional Nusantara hasil sinergi program antara Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Dalam Parade Pakaian Tradisional Nusantara tersebut selain ditampilkan pakaian etnik dari sejumlah daerah Kabupaten di Sulut , beberapa provinsi di Indonesia seperti Aceh, Gorontalo, dan Kalimantan, juga ditampilkan pakaian dari mancanegara antara lain India, Cina, Arab, Filipina, serta Malaysia.

Sekjen Depbudpar DR.Sapta Nirwandar dalam sambutannya mengatakan, Festival Bunaken yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulut dan sudah masuk dalam calendar of event nasional , yang berarti telah masuk dalam peta event pariwisata internasional, merupakan wahana untuk mempromosikan Sulawesi Utara. "Melalui keunggulan seni budaya daerah dan keindahan alam yang ditampilkan dalam festival ini, diharapkan akan semakin menggairahkan dunia kepariwisataan yang pada gilirannya dapat memacu meningkatnya perekonomian Sulawesi Utara," kata DR.Sapta Nirwandar, ketika membuka Festival Banaken 2007 di Manado, Sabtu (15/8).

Dikatakan, sebagai bangsa yang memiliki keragaman warisan budaya dan tradisi, serta kaya akan potensi sumber daya alam yang indah mengagumkan, kita patut berbangga karena keberagaman dan kekayaan tersebut adalah aset yang tidak ternilai harganya dan menjadi unsur bagi perekat Cinta Tanah Air dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gubernur Sulawesi Utara Sinyo.H.Sarundajang menyatakan, Manado dalam visinya ke depan ingin menjadi sebagai kota pariwisata dunia pada tahun 2010. Untuk menuju ke sana, Manado telah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Ocean Conference "World Ocean Summit tahun 2009.

0 komentar: